Sabtu, 21 Maret 2009

Pengorbanan Sang Guru

biarkanlah aku menjadi kayu bakar
hingga api pengetahuan disulutkan
lalu terbakarlah aku karena ilmu
dan kalian yang sedang berada didalam kegelapan
akan mendapatkan seberkas cahaya dariku
lalu berjalanlah kalian dimalam hari menggapai janji-janji mimpi
berbahagialah kalian telah menemukan aku
sementara di batas pagi yang tersisa dariku hanyalah arang

biarkanlah aku menjadi cawan
hingga anggur dituangkan
lalu kalian datang berduyun-duyun menikmati kemabukan.
bukan pada cawan, tapi pada Pemberi anggur kalian berkepayang
karena setelah habis anggurku
aku hanyalah cawan tanpa minuman
sementara kalian akan kekal dalam kemabukan

aku adalah guru dan kalian muridnya
aku adalah bapak dan kalian anaknya
tiada yang aku berikan selain pengorbanan
maka makanlah tubuhku seperti sepotong roti
yang telah diberikan Isa kepada para muridnya
atau seperti anggur yang telah kalian minum
anggur adalah hati dan darahku
sisanya adalah tulang-belulang

tahukah kalian untuk apa tulang?
untuk memukul anjing yang membangkang

Tidak ada komentar: